Selasa, 04 September 2012

[Iseng] Ngitung jumlah Data Storage Youtube yuk!!!


Langsung aja gan, iseng2 ane ngitung jumlah storage yang diperlukan yutub untuk menyimpan file video dari semua usernya. siapa sih yang ga kenal yutub.. ?


Sekilas tentang youtube
Yup, situs berbagi video ini didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan paypai: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar
Nah, tau sendirikan siapa google? yups, dengan berkembangnya OS besutan google yakni Android secara tidak langsung berpengaruh pada jumlah user yang ada di youtube karena integrasi akun. Ya, jumlah pengguna youtube pun semakin bertambah. Pertanyaannya, dengan jumlah user yang bejibun, berapa ukuran "hardisk" / data storage yang diperlukan youtube untuk menampung seluruh video usernya?
Kita itung yuk!
‎- Pengguna youtube sampai saat ini diperkirakan 900juta user,
- Maximum size untuk upload video 20 GB/user
- Jika dikalikan (20GB x 900juta user), maka data storage youtube mencapai 18,000,000,000 Gigabyte atau 17,578,125 Terabyte  untuk 900juta pengguna. itu belum termasuk database dll. Dengan terus melesatnya google, android & youtube itu sendiri bukan tidak mungkin jumlah storage akan terus membengkak.
BONUS :


Yuppppss, video ini adalah video berdurasi terpanjaaang yang pernah "terupload" di youtube gan bayangkan saja, video ini berdurasi 596 jam atau 24 Hari waktu putar!!!!! (bayangin dulu ). Sayangnya video ini hanya kosong, alias tak ada isi / cuma gambar hitam aja sampai berjam2 (yaiyalah gak mungkin full gambar karena bakal ngabisin bergiga2 size & pastinya tak bisa diupload).



hehe ngeri juga ya gan? ayo temen2 visitor mungkin ada yang mau nambah info2 tentang youtube?
sekalian jangan lupa saling subcribe. ini channel ane gan http://www.youtube.com/user/abieleader 

1 komentar:

Zidan Skuy mengatakan...

Iya pak nanti sy subscribe

 
;